Sabtu, 08 April 2017

Mencari uang dari youtube semakin sulit

Baru-baru ini Google mengeluarkan peraturan barunya yang mungkin merupakan kabar yang kurang menyenangkan bagi para youtuber pemula. Peraturan ini berkaitan dengan adanya persyaratan minimal viewer untuk dapat memonetisasi channel youtubenya. Dilansir dari situs berita tekno.kompas.com sebagai berikut.

“Dalam beberapa pekan kami akan mengadakan proses peninjauan untuk kreator yang mendaftar ke YouTube Partner Program. Setelah kreator itu mencapai 10.000 view di salurannya (channel), maka kami akan meninjau kesesuaian kegiatan mereka dengan kebijakan kami,” ujar Vice President of Product Management YouTube, Ariel Bardin.

Entah peraturan tersebut berlaku untuk pendaftar baru atau yang sudah terdaftar sebagai adsense akun hosted. Walaupun apabila ditelaah dari ujaran diatas menunjukan bahwa peninjauan akan dilakukan bagi pendaftar youtube partner program, yang berarti disini merupakan calon mitra baru yotube. Intinya ketika kita akan mendaftarkan akun/channel youtube baru untuk dimonetisasi maka harus memenuhi syarat 10000 view terlebih dahulu. Mungkin bagi pendatang baru yang ingin coba-coba tentunya menjadi batu sandungan tersendiri. Namun apapun peraturanya kita berharap semoga tidak merugikan youtuber maupun pemirsa youtube, karena keduanya saling membutuhkan. 

Semangat para Youtuber sangat diuji dengan kebijakan-kebijakan baru seperti ini. Yang pada akhirnya mau ataupun tidak kita harus tunduk pada peraturan tersebut.

Saya tunggu komentarnya mengenai kebijakan baru ini.

0 komentar:

Posting Komentar